Header Ads

Apa itu Motion Graphics?


Pada postingan design kali ini saya akan membahas salah satu produk di bidang multimedia yaitu motion graphic. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya motion graphic, karena motion graphic ini sudah sering kali digunakan untuk iklan-iklan di tv.

Ketika membahas tentang motion graphic kita tidak akan lepas dengan kata design graphic. Design graphic adalah deskripsi yang paling membingungkan. Kebanyakan orang beranggapan yang berbeda tentang design graphic dan seni rupa atau bentuk lain dari digital art. Beberapa definisi normal membuat sedikit keliru karena terlalu spesifik kecuali jika, memang menghasilkan sebuah desain yang ditunjukan untuk kebutuhan yang spesifik. Untuk mendefinisikan desain grafis menimbulkan banyak perdebatan, tetapi tidak seperti yang sesulit mendefinisikan motion graphic sebagai cabang dari ilmu design graphic. Motion graphic juga manggabungkan video, film, animasi, fotografi, ilustrasi, dan musik. 


Pada awal abad ke-20 orang-orang seperti Viking Eggeling, Oskar Fischinger, dan len Iye bereksperimen dengan motion di dalam film-film yang menyerupai grafis. Akhirnya Soul Bass dengan opening projeknya pada tahun 50an membuktikan dan membuka mata publik dengan adanya motion grafis. Pada akhir 70an munculah orang-orang seperti Harry Marks dan Robert Abel yang membantu membawa dinamika motion grafis yang dihasilkan dari komputer grafis untuk siaran televisi. Pada awal 1990an sebuah perusahaan bernama Motion Graphics Inc mulai menonjol, perusahaan yang dibangun oleh Jhon Whitney pada tahun 1960.

Motion graphic dikalangan dunia broadcast memliki kehadiran yang sangat kuat di televisi. Sepertihalnya dalam pembuatan komersil grafis, hiburan, promo atau sebuah opening program, grafik berita dan grafis yang terdapat dalam sebuah produk-produk TVC. Dalam dunia perfilman motion graphic biasanya digunakan untuk pembuatan opening tittle atau opening sequence.


Video atau film dari objek yang bergerak tidak bisa dianggap motion graphic, kecuali jika rekaman gambar tersebut dikombinasikan dengan elemen desain, seperti bentuk dan jenisnya. Animasi juga belum bisa dikatakan sebagain motion graphic dan begitu juga sebaliknya, tapi yang paling membedakan antara animasi dan motion adalah, animasi lebih mengutamakan ide dan alur cerita sedangkan motion graphic alur cerita bisa dikatakan bukan hal yang paling utama. jadi para pembuat animasi yang menomorsatukan alur cerita justru cenderung akan jauh dalam kategori motion graphic.


Oke... Mari kita coba bedakan antara motion graphic dan animasi secara rinci.

Animasi

Dari hasil pengalaman saya, Animasi sebuah gerakkan yang dihasilkan dari gambar yang dibuat secara manual (hand drawing), computerized (2D ataupun 3D), atau hasil dari photography (stop motion) dalam jumlah banyak dan diurutkan sesuai cerita.
  1. Animasi mengilhami layaknya gerakan kamera yang berpindah pindah dari berbagai sudut.
  2. Animasi terkadang tidak menggerakkan objek secara keseluruhan (terfokus pada karakter seperti mulut, tangan, kaki maupun daun).
  3. Menyampaikan cerita/berita dengan lebih detail dengan rangkaian gambarnya yang membentuk gerakkan tertentu.
Motion Graphic

Sedangkan motion graphic pada umunnya merupakan gabungan dari potongan-potongan desain yang berbasis media visual yang menggabungkan bahasa film dengan desain grafis, seperti memasukan elemen-elemen yang berbeda seperti desain 2d atau 3d, animasi, video, tipografi, ilustrasi, fotografi, dan musik. 
  1. Pengambilan gambar cenderung diam pada satu sisi atau ke kanan - kiri (mengandalkan modus zoom in zoom out).
  2. Menciptakan gerak objek secara menyeluruh kearah yang sama.
  3. Memberikan cerita/ berita dengan simbol graphic/gambar
Nah sobat, demikian uraian mengenai motion graphic. Semoga bermanfaat dan tambah lagi semangat dalam belajar multimedia.

Mau belajar cara pembuatannya?
Yuk! ikuti Workshop AE - Motion di "Workshop LabMulti STTPLN Edisi 3"


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.