Header Ads

Antara Visualisasi Data Dan Infografis


Pasti sobat selama ini beranggapan bahwa visualisasi data dan infografis ada hal yang sama dan identik. Yaitu keduanya merupakan bentuk komunikasi visual yang menjelaskan sebuah informasi dengan mengedepankan tampilan. Yap! itu benar sobat.

Sehari-hari, kita dikelilingi oleh banyak informasi, seperti grafik, tabel, diagram, icon, dan poster. Padahal jika di telaah atau di teliti lebih dalam lagi akan nampak beberapa perbedaan diantara visualisasi data dan infografis.

Berikut saya akan tampilkan contoh visualisasi data.


Jika sobat lihat, pada visualisasi data ini hanya terdapat judul, keterangan, grafik dan angka. Design pun hanya sebatas warna warni grafik dan tabel dalam bentuk sederhana yang monoton, bisa dibilang kaku dan agak kurang menarik di baca. Hal ini justru berbeda dengan infografis. Infografis akan menggabungkan visualisasi data, design, dan arsitektur informasi sehingga membentuk cerita yang enak dibaca dan di mengerti.   

Dan ini contoh infografis.


Sekilas inforgrafis lebih sulit dibuat ketimbang visualisasi data. Pada infografis dibutuhkan naskah penjelasan, data dan design visual yang menarik. Namun ketika infografis semakin diakrabi oleh lebih banyak orang, bukan terbatas pada para desainer saja, visualisasi data menjadi kian menarik. Lebih penting dari itu, kumpulan data lebih mudah dicerna. Infografis dengan kekuatan visual yang menarik akan mengurangi barrier/halangan tersebut. Bagaimana mereka mau memahami informasi yang kita sampaikan jika membaca saja mereka tidak mau? Infografis dengan kekuatan visual yang menarik akan mengurangi barrier/halangan tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.