Header Ads

Busway, BRT Atau TransJakarta?


Busway??

Kalau di terjemahkan menjadi jalan bus??
Apa kalian tidak salah sebut??

Yap, sebetulnya busway merupakan sebuah jalan yang dikhusukan untuk Bus Rapid Transit (BRT). Kebiasaan penyebutan layanan sistem BRT TransJakarta dengan kata busway menjadi suatu yang tidak aneh di Jakarta, bahkan di Indonesia. 

Sejak pembangunan transportasi bus bersistem BRT ini berjalan, banyak pihak yang menyebut dengan busway. Salah satu contoh, sering sekali saya menemukan kalimat yang seharusnya menyebutkan TransJakarta menjadi busway diberbagai khalayak ramai hingga di media. Kemungkinan besar mereka merujuk berdasar pada salah satu papan jalan hijau yang bertuliskan "Khusus Bus Way", sehingga mereka langsung menyebut sistem BRT ini dengan sebutan busway.

Sebenarnya kasus ini juga hampir sama seperti kalian menyebut sistem kereta bawah dengan nama subway. Disetiap tangga pintu masuk NY Metro pun terdapat papan petunjuk bertuliskan subway. Padahal aslinya subway adalah jalan bawah tanah. Yang benar adalah Metro / MRT atau kalian dapat menyebutkan nama operator maupun nama keretanya.

Dan jika suatu saat nanti MRT di Jakarta sudah beroperasi apakah kalian akan menyebut KRL atau MRT??
Nah... 
Padahal kereta yang digunakan sama-sama menggunakan listrik aliran atas seperti KRL yang biasa digunakan operator KCJ/CommuterLine.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.