Header Ads

Kereta Tercepat di Dunia Dengan Rel Konvensional (2010)

 
Sebagai moda transportasi kereta-kereta supercepat ini punya banyak kelebihan. Daya angkutnya yang besar dan yang paling penting dengan kenyamanan yang sama, polusi yang dihasilkan bisa sepersepuluh lebih kecil dibanding dengan pesawat terbang. Kereta-kereta ini diantaranya masih menggunakan roda-roda konvensional tetapi dengan mesin yang canggih dan yang terbaru menggunakan teknologin superconducting magnetic levitation (maglev train)yang melayang di atas rel. Namun kali ini saya akan membahas kereta api cepat dunia di rel konvensional dengan mengambil salah satu kereta dari berbagai negara.

1. Perancis - TGV V150 
Train à Grande Vitesse (disingkat TGV) adalah salah satu kereta api tercepat di dunia kebanggaan masyarakat Perancis. Namun kereta TGV V150 yang dipersiapkan secara khusus, resmi memecahkan rekor kereta tercepat dunia dengan kecepatan 574,8 km/h (357 m/h). Rekor tersebut dipecahkan lewat jalur baru TGV yiatu Paris-Strasbourg yang jaraknya sekitar 200 kilometer.

Dalam uji coba kereta TGV Duplex terdiri dari dua lokomotif dan tiga gerbong penumpang, dan di antara setiap gerbong penumpang terdapat mesin tambahan. Rekor tersebut memecahkan rekor sebelumnya, yang juga diperoleh TGV yang pada 18 Mei 1990 dengan kecepatan 515,3 kilometer.
 
 Sebetulnya, pada 14 Februari 2011 lalu TGV mencapai kecepatan 553 kilometer per jam, dan bahkan kemudian menembus 568 kilometer per jam, namun kecepatan itu tidak dibukukan secara resmi.
2. China - CRH380A
CRH380A adalah kereta listrik tercepat di dunia yang diproduksi oleh CSR, sebuah manufaktur kereta api milik Cina. CRH380A adalah salah satu seri dari CSR yang mampu melaju dengan sangat cepat dengan kecepatan maksimum 486 km/h atau 302 m/h. CRH380A berkapasitas 494 penumpang dan melayani perjalanan Shanghai ke Nanjing dan Shanghai ke Hangzhou.

3. Jepang - Shinkansen E5
Pada Mar.5th, model terbaru kereta peluru Shinkansen Tohoku Baris (东北 新 干线, Tohoku Bullet Train Line) seri E5 disebut "Hayabusa" (/ はや ぶさ, elang) yang diluncurkan dan masuk ke pelayanan publik.

Hayabusa mampu menempuh perjalanan di 300 km/h yang merupakan tercepat dari semua jalur kereta peluru di Jepang (kecepatan yang sama dengan seri N700 baris Sanyo Shinkansen) dan perjalanan antara Tokyo Stasiun di Tokyo dan Shin-Aomori Station (/ 新 青森 駅 , Stasiun Aomori Baru) di Aomori Pref. , salah satu prefektur di Tohoku, Daerah Timur Laut Jepang (jarak benar-benar 713,7 km) dalam 3 hous dan 10 menit. Dibutuhkan perjalanan pulang pergi dua hari dan direncanakan untuk mulai travelng lebih cepat di 320 km / jam setidaknya pada akhir 2012.

4. Korea - KTX-II
KTX-II (KTX Sancheon) adalah salah satu kereta dengan kecepatan tercepat di dunia yang dimiliki oleh pemerintah Korea Selatan. Kecepatan maksimum KTX-II adalah 352 km/jam atau 219 mil/jam yang berhasil dicapai tahun 2002. KTX-II melayani jalur antar kota-kota di Korea Selatan dan berkapasitas 363 penumpang.

5. Taiwan - Taiwan High Speed Rail 700T
Taiwan HSR 700T adalah listrik berkecepatan tinggi yang beberapa unit digunakan untuk rel berkecepatan tinggi Taiwan berdasarkan teknologi EMU 700 seri Shinkansen di Jepang. Dibangun oleh Hitachi, Kawasaki dan Nippon Sharyō. Mulai pertama beroperasi pada tahun 2007 dan melayani rel berkecepatan tinggi di Taiwan antara Taipei dan Zuoying (Kaohsiung). Tidak seperti kereta berkecepatan tinggi Jepang lainnya, 700T di desain dengan hidung agresif aerodinamis. Ini dikarnakan untuk memaksimalkan kapasitas tempat duduk kereta dan perlu diketahui juga, bahwa infrastruktur Taiwan HSR dibangun dengan  standar Eropa dengan fitur terowongan besar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.