Kereta Tercepat di Dunia Dengan Rel Konvensional (2010)
Sebagai
moda transportasi kereta-kereta supercepat ini punya banyak kelebihan.
Daya angkutnya yang besar dan yang paling penting dengan kenyamanan yang
sama, polusi yang dihasilkan bisa sepersepuluh lebih kecil dibanding
dengan pesawat terbang. Kereta-kereta ini diantaranya masih menggunakan
roda-roda konvensional tetapi dengan mesin yang canggih dan yang terbaru
menggunakan teknologin superconducting magnetic levitation (maglev
train)yang melayang di atas rel. Namun kali ini saya akan membahas
kereta api cepat dunia di rel konvensional dengan mengambil salah satu
kereta dari berbagai negara.
1. Perancis - TGV V150
Train
à Grande Vitesse (disingkat TGV) adalah salah satu kereta api tercepat
di dunia kebanggaan masyarakat Perancis. Namun kereta TGV V150 yang
dipersiapkan secara khusus, resmi memecahkan rekor kereta tercepat dunia
dengan kecepatan 574,8 km/h (357 m/h). Rekor tersebut dipecahkan lewat
jalur baru TGV yiatu Paris-Strasbourg yang jaraknya sekitar 200
kilometer.
Dalam uji coba kereta TGV Duplex terdiri dari dua lokomotif dan tiga gerbong penumpang, dan di antara setiap gerbong penumpang terdapat mesin tambahan. Rekor tersebut memecahkan rekor sebelumnya, yang juga diperoleh TGV yang pada 18 Mei 1990 dengan kecepatan 515,3 kilometer.
Dalam uji coba kereta TGV Duplex terdiri dari dua lokomotif dan tiga gerbong penumpang, dan di antara setiap gerbong penumpang terdapat mesin tambahan. Rekor tersebut memecahkan rekor sebelumnya, yang juga diperoleh TGV yang pada 18 Mei 1990 dengan kecepatan 515,3 kilometer.
Sebetulnya, pada 14 Februari 2011 lalu
TGV mencapai kecepatan 553 kilometer per jam, dan bahkan kemudian
menembus 568 kilometer per jam, namun kecepatan itu tidak dibukukan
secara resmi.
2. China - CRH380A
CRH380A
adalah kereta listrik tercepat di dunia yang diproduksi oleh CSR,
sebuah manufaktur kereta api milik Cina. CRH380A adalah salah satu seri
dari CSR yang mampu melaju dengan sangat cepat dengan kecepatan maksimum
486 km/h atau 302 m/h. CRH380A berkapasitas 494 penumpang dan melayani
perjalanan Shanghai ke Nanjing dan Shanghai ke Hangzhou.
3. Jepang - Shinkansen E5
Pada
Mar.5th, model terbaru kereta peluru Shinkansen Tohoku Baris (东北 新 干线,
Tohoku Bullet Train Line) seri E5 disebut "Hayabusa" (/ はや ぶさ, elang)
yang diluncurkan dan masuk ke pelayanan publik.
Hayabusa mampu menempuh perjalanan di 300 km/h yang merupakan tercepat dari semua jalur kereta peluru di Jepang (kecepatan yang sama dengan seri N700 baris Sanyo Shinkansen) dan perjalanan antara Tokyo Stasiun di Tokyo dan Shin-Aomori Station (/ 新 青森 駅 , Stasiun Aomori Baru) di Aomori Pref. , salah satu prefektur di Tohoku, Daerah Timur Laut Jepang (jarak benar-benar 713,7 km) dalam 3 hous dan 10 menit. Dibutuhkan perjalanan pulang pergi dua hari dan direncanakan untuk mulai travelng lebih cepat di 320 km / jam setidaknya pada akhir 2012.
Hayabusa mampu menempuh perjalanan di 300 km/h yang merupakan tercepat dari semua jalur kereta peluru di Jepang (kecepatan yang sama dengan seri N700 baris Sanyo Shinkansen) dan perjalanan antara Tokyo Stasiun di Tokyo dan Shin-Aomori Station (/ 新 青森 駅 , Stasiun Aomori Baru) di Aomori Pref. , salah satu prefektur di Tohoku, Daerah Timur Laut Jepang (jarak benar-benar 713,7 km) dalam 3 hous dan 10 menit. Dibutuhkan perjalanan pulang pergi dua hari dan direncanakan untuk mulai travelng lebih cepat di 320 km / jam setidaknya pada akhir 2012.
4. Korea - KTX-II
KTX-II
(KTX Sancheon) adalah salah satu kereta dengan kecepatan tercepat di
dunia yang dimiliki oleh pemerintah Korea Selatan. Kecepatan maksimum
KTX-II adalah 352 km/jam atau 219 mil/jam yang berhasil dicapai tahun
2002. KTX-II melayani jalur antar kota-kota di Korea Selatan dan
berkapasitas 363 penumpang.
5. Taiwan - Taiwan High Speed Rail 700T
Taiwan
HSR 700T adalah listrik berkecepatan tinggi yang beberapa unit
digunakan untuk rel berkecepatan tinggi Taiwan berdasarkan teknologi EMU
700 seri Shinkansen di Jepang. Dibangun oleh Hitachi, Kawasaki dan
Nippon Sharyō. Mulai pertama beroperasi pada tahun 2007 dan melayani rel
berkecepatan tinggi di Taiwan antara Taipei dan Zuoying (Kaohsiung).
Tidak seperti kereta berkecepatan tinggi Jepang lainnya, 700T di desain
dengan hidung agresif aerodinamis. Ini dikarnakan untuk memaksimalkan
kapasitas tempat duduk kereta dan perlu diketahui juga, bahwa
infrastruktur Taiwan HSR dibangun dengan standar Eropa dengan fitur
terowongan besar.
Post a Comment