Header Ads

Kereta Kuala Lumpur – Padang Besar Sudah Bisa Dipacu 160 KM/H


Layanan Kereta Api Listrik dari Kuala Lumpur ke Padang Besar via Ipoh kini sudah diresmikan sejak tanggal 10 Juli 2015. Peluncuran ini dipercepat dari rencana sebelumnya yang akan diresmikan pada bulan September 2015.

Menteri Transportasi Datuk Seri Liow Tiong Lai mengatakan perjalanan perjalanan ini hanya dua kali sehari namun akan ditambah pada kemudian hari. Dari Kuala Lumpur ke Padang Besar memakan waktu selama 4 jam 45 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 500 km dengan tarif sebesar RM 81 atau sekitar Rp. 283.500,- (kurs Rp. 3500). Jarak ini hampir sama dengan Jakarta-Semarang yang berjarak 440 km.

Kereta Api Listrik (Electric Train Service) ini di bawah manajemen KTMB (Kereta Tanah Melayu Berhad). Kereta Api Listrik yang digunakan disini adalah seri Class 93 Train Set yang mampu berjalan hingga kecepatan 160 km/jam.



KTMB membeli 10 kereta baru tersebut seharga RM 506 juta untuk perjalanan di sektor utara hingga Padang Besar. Masih banyak kereta baru yang belum dapat beroperasi kerana dalam proses pemeriksaan kereta dan landasan oleh SPAD. Beliau berharap mendapatkan sertifikasi kelayakan secepat mungkin.

“Kami telah membeli 10 set kereta listrik, dan setelah semua siap untuk digunakan, frekuensi akan ditingkatkan”. “Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan perjalanan di Hari Raya Idul Fitri, kereta akan melayani rute utara dua kali sehari,” katanya setelah uji coba salah satu kereta listrik baru dari Batu Gajah ke Kuala Kangsar. Liow juga mengatakan ada rencana untuk memperkenalkan layanan komuter Klang Valley seperti layanan komuter di Perak, menghubungkan Kuala Kangsar-Sungai Siput-Ipoh-Kampar.

*) http://www.utusan.com.my/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.