Header Ads

Di Bandara Soekarno-Hatta Ada Kereta Beroda Karet?


Hai sobat... Kalian tau gak sih kalau di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekarang ada fasilitas kereta gratis yang bisa digunakan untuk pindah antar terminal?

Yap! tepat pada 17 September 2017 silam PT Angkasa Pura II menyatakan telah memulai mengoperasikan "Skytrain" Automated People Mover System (APMS) yang menghubungkan antara terminal 3 dengan terminal 2. Dalam pengoperasian perdananya skytrain dijalankan dalam 1 rangkaian skytrain yang terdiri dari 2 kereta. 1 rangkaian skytrain ini mampu mengangkut 176 penumpang dalam satu kali perjalanan. Tidak hanya 1 rangkaian, PT Angkasa Pura II juga telah menyiapkan 2 rangkaian skytrain lagi yang masih belum siap beroperasi yang terparkir di paltform stasiun terminal 3.

Perlu sobat ketahui bahwa fasilitas kereta tanpa awak ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia dengan menggunakan teknologi Automated Guided Transit (AGT), yang artinya moda transportasi ini bergerak tanpa bantuan pengemudi. Selain itu kereta ini juga menggunakan rel beraliran listrik yang berada di samping kanan-kiri roda. Dan uniknya, kereta ini menggunakan ban karet dan dapat dipacu hingga kecepatan operasional mencapai 60 km/jam.


Interior kereta buatan Woojin Korea ini sangat lapang dan terang. 1 keretanya hanya terdapat tempat duduk yang hanya bisa di duduki 7 hingga 8 orang dewasa dan sisanya berdiri. Hal ini mungkin agar para penumpang bisa leluasa membawa koper dan barang bawaannya. Di dalam kereta juga terdapat alat-alat kemanan seperti rem darurat dan pemadam api.



Dengan adanya skytrain APMS, tentunya akan mempermudah penumpang yang akan melakukan pergerakan antar terminal. Disamping itu Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan setara dengan bandara utama di negara lainnya yang sebelumnya telah memiliki moda serupa yang menghubungkan antar terminal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.