Header Ads

Ke Cikarang Sekarang Bisa Naik KRL!


Bekasi, Cikarang, ELF, Kereta lokal
Empat kata-kata itu pasti tidak asing terdengar ditelinga kita kan sobat? 

Yap! jika ke Cikarang mau tidak mau pasti kita akan menggunakan kereta lokal atau kendaraan umum berjenis ELF yang mangkal di sekitaran terminal Bekasi hingga Bulak Kapal. Untuk ELF, tarif yang dipatokpun beragam, mulai dari Rp 5000 s/d Rp 20.000 bahkan ada yang memberi harga tembak. Jika menggunakan kereta lokal tentunya bisa lebih murah, dari Jakarta kita bisa membeli tiketnya dengan tarif Rp 6000 saja.

Tapi untuk sobat yang baru pertama kali mau ke Cikarang pasti akan bingung enaknya pakai apa sih kalau mau kesana? lalu tarif aslinya naik ELF itu berapa? pasti sobat juga takut ditipu kan? terus jadwal kereta lokal ada seberapa banyak?

Nah! tanggal 8 Oktober 2017 ini KCI (Kereta Commuter Indonesia) telah memperluas jangkauan rute KRL Commuter Line-nya loh. Layanan KRL yang biasanya hanya sampai Stasiun Bekasi kini diperpanjang hingga Stasiun Cikarang. Khusus saat ini telah dioperasikan sebanyak 32 perjalanan KRL dari Jakarta Kota ke Cikarang pp dan dari Bekasi ke Cikarang pp.


Perlu diketahui sebelumnya, perpanjangan rute KRL ini termasuk dalam proyek pengembangan jangka panjang double-double track Manggarai - Bekasi - Cikarang. Disamping itu di rute perpanjangan ini selain menambahkan jaringan LAA (Listrik Aliran Atas) juga turut merehabilitasi 2 stasiun, yaitu Stasiun Cibitung dan Cikarang serta membangun 1 stasiun baru, yaitu Stasiun Bekasi Timur. Seluruh pendanaan proyek ini bersumber dari pinjaman lunak JICA dengan total nilai kontrak sebesar Rp 2,3 triliun.


Saat saya mencoba, perjalanan KRL selepas dari Stasiun Bekasi bisa dibilang agak lambat, kecepatannya saya taksir tidak sampai 60 Km/H. Kemungkinan masih dilakukan penyesuaian arus listrik. Tiba di Stasiun Cikarang KRL berhenti di jalur lama karena jalur menuju ke stasiun baru belum terhubung sepenuhnya. Disitu disediakan platform portabel dari besi tanpa atap yang terhubung dengan palform stasiun baru. Dari paltform penumpang diarahkan untuk naik ke lantai atas menggunakan tangga, eskalator dan lift. 

Dilantai atas akan terdapat sebuah hall besar yang berisi gate in/out, loket tiket, toilet, mushola dan toko. Dibagian antrian depan loket terdengar edukasi penjelasan mengenai penggunaan tiket cara tap in/out dan sebagainya. Petugas pun dengan sigap siap memberikan bantuan kepada penumpang jika ada permasalahan mengenai KRL.


Sekarang udah ada KRL nih ke Cikarang. Masih bingung mau naik apa ke Cikarang? :D


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.