Header Ads

Bus Mewah Royal Trans

Bus Royal Trans di Palem Semi Islamic. (FB. Ade Permana)

Bersamaan dengan uji coba bus Metro Trans, TransJakarta juga menguji coba layanan bus Royal Trans selama sepekan loh sobat. Mengetahui hal ini saya pun langsung melakukan uji coba untuk naik bus Royal Trans dari Halte Bundaran Senayan ke Slipi Petamburan dengan tarif sementara Rp 3.500.

Dari info yang saya peroleh sebelumnya bahwa Royal Trans ini diuji cobakan pada rute T11 tujuan Bundaran Senayan sampai Palem Semi Islamic (Tangerang). Armadanya pun terbatas hanya ada 2 unit bus, jadi saya pun harus harap-harap sabar untuk menunggu kedatangan bus ini di halte.

Setelah 34 menit lamanya bus berchasis Mercedes Benz OF917 senilai kurang lebih Rp 1.1 milliar perunit ini pun tiba. Uniknya pada bus ini hanya ada satu pintu kecil yang bisa digunakan untuk menaik/turunkan penumpang di halte. Pintu ini terletak pada bagian belakang bus sebelah kanan. Hal ini di karenakan bus Royal Trans ini tidak memiliki pintu tengah yang sejajar dengan halte BRT seperti pada bus-bus BRT pada umumnya.


Saat bus sudah terisi dan berjalan, pertugas on board pun mejelaskan tentang bus Royal Trans ini. Fasilitas yang diberikan layanan bus Royal Trans ini terbilang cukup menarik. Pada masing-masing kursi terdapat port USB untuk mengisi daya ponsel, tempat menaruh minuman, televisi, rak tas dan juga terdapat wifi gratis.

Namun menurut saya disamping fasilitas nya yang beragam, jarak antar kursi bus ini masih terbilang cukup sempit dan menyusahkan untuk bergerak. Oiya, total kapasitas tempat duduk bus ini terdiri dari 30 seat. Jadi dipastikan semua penumpang bus ini mendapatkan tempat duduk dan tidak ada yang berdiri.


Setibanya di Halte Slipi Petamburan saya merasakan betapa sulitnya untuk berjalan keluar melalui pintu belakang bus. Selain karena banyak penumpang yang turun, hal ini juga dikarenakan bentuk pintu yang kecil, yang lebarnya setengah dari pintu di halte.

Infonya bus ini akan beroperasi sepenuhnya pada tahun 2018 yang mengangkut penumpang dari pemukiman ke pusat kota dengan perkiraan tarif sebesar Rp. 10.000-20.000 sekali perjalanan. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.